museum di jakarta
Foto museum Fatahillah Jakarta.

Museum di Jakarta – Museum tidak hanya menjadi tempat penyimpanan segala sesuatu yang bersejarah saja, namun berfungsi juga sebagai ruang wisata edukasi yang cocok untuk mempelajari sejarah sebuah kota. Masyarakat dapat menikmati dan mempelajari semua cerita dibalik benda-benda bersejarah yang ditampilkan dalam museum.

Namun, dibanding dengan destinasi wisata lainnya, museum menjadi destinasi wisata yang sedikit pengunjungnya. Lantaran masih banyak orang menganggap museum sebagai lokasi wisata yang kurang menarik. Padahal, di museum kita akan mendapatkan banyak pelajaran luar biasa tentang alur sejarah berdirinya sebuah kota. Tak hanya itu, museum kini juga sangat pas sebagai spot selfie, dengan latar benda-benda masa lampau yang unik.

Nah, berikut daftar museum di Jakarta menarik untuk dikunjungi.

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah atau yang bisa disebut sebagai Museum Sejarah Jakarta merupakan museum yang terletak dikawasan Kota Tua atau lebih tepatnya pada alamat Jalan Taman Fatahillah No. 1, Kota Tua, Pinangsia, Jakarta Barat. Museum yang dulunya merupakan gedung kantor gubernur Batavia ini resmi menjadi salah satu museum sejarah di Indonesia pada tahun 1974. Gedung kantor Batavia yang dibangun tahun 1707 pada masa kolonial Belanda merupakan gedung perkantoran yang terdiri dari ruang pengadilan hingga ruang bawah tanah yang dulunya dipakai sebagai penjara.

Namun, dari tahun 1974 gedung tersebut resmi menjadi bangunan museum yang menyimpan berbagai benda dan cerita mengenai perjalanan sejarah kota Jakarta. Selain itu, para pengunjung juga bisa melihat berbagai peninggalan kuno dan hasil penggalian arkeologi yang ada di Jakarta.

Baca Juga : Menikmati Wisata Museum di Banyuwangi

Pengunjung juga bisa menikmati sejarah ruang bawah tanah yang sempat dijadikan penjara dan terkenal angker. Untuk masuk ke dalam museum Fatahillah, Anda perlu membayar sejumlah Rp. 5.000 untuk tiket sekali masuk bagi orang dewasa dan Rp. 2.000 untuk tiket sekali masuk bagi anak-anak. Museum tersebut memiliki waktu operasional hari Selasa hingga Minggu dan buka pada pukul 09.00 pagi hingga 15.00 sore. Terbilang cukup murah kan jika disebut sebagai lokasi wisata salah satu di Jakarta.

Museum Prasasti

Salah satu museum di Jakarta yang tidak kalah instagramable juga adalah Museum Prasasti. Lokasi wisata yang merupakan cagar budaya peninggalan masa kolonial Belanda tersebut merupakan museum yang memamerkan berbagai macam prasasti pada saat peninggalan Belanda. Koleksi prasasti yang ditampilkan berupa prasasti nisan kuno, koleksi kereta jenazah antik, hingga prasasti peresmian pada masa kolonial Belanda.

Museum tersebut juga memamerkan miniature makam khas 27 provinsi di Indonesia. Untuk bisa mengunjungi museum tersebut, anda cukup membayar harga tiket seharga Rp. 5.000 bagi orang dewasa, Rp. 3.000 bagi mahasiswa dan Rp. 2.000 untuk anak-anak. Sedangkan waktu operasional museum tersebut adalah hari Selasa hingga Minggu dan buka pada pukul 09.00 hingga 15.00.

Museum Tekstil

Museum tekstil juga merupakan salah satu museum di Jakarta yang wajib masuk dalam list liburan anda di Jakarta. Museum yang terletak di kawasan Palmerah, Kota Jakarta Barat tersebut merupakan cagar budaya yang memamerkan karya seni tekstil di Indonesia.

Pada museum ini juga Anda bisa belajar membatik. Untuk bisa masuk ke dalam museum tersebut Anda cukup membayar Rp. 5.000 untuk ukuran dewasa dan Rp. 2.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk mahasiswa akan dipatok harga masuk Rp. 3.000.

Baca Juga : Melawat ke 4 Museum Di Bandung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here