museum di medan

Museum di Medan – Medan, kota yang terletak di Sumatera Utara memang sering menjadi kunjungan banyak wisatawan setiap tahunnya. Kota Medan juga memiliki banyak lokasi wisata yang bisa dibilang instagramable bagi kalangan milenial saat ini. Mulai dari pantai, bukit, taman nasional, hingga air terjun.

Tidak hanya lokawisata alam saja,  objek wisata seperti museum, bisa menjadi pilihan menarik sebagai destinasi liburan di Medan.  Berikut beberapa museum di Medan yang biasanya banyak dikunjungi oleh para wisatawan untuk berlibur atau sebagai sarana edukasi.

Nah, berikut adalah Museum-museum di medan yang bisa Anda kunjungi:

Museum Negeri Sumatera

Museum Negeri Sumatera merupakan museum yang berada di kawasan Sumatera Utara lebih tepatnya di Jalan HM Joni No. 15. Modelnya berbentuk rumah tradisional. Museum Negeri Sumatera merupakan museum yang memamerkan berbagai macam benda peninggalan prasejarah.

Baca Juga : Kepanduan dan Pembentukan Budi Pekerti

Koleksinya, mulai dari peninggalan prasejarah, koleksi peninggalan Hindu-Buddha, peninggalan Islam dan juga berbagai koleksi peninggalan pada masa kolonialisme. Pada setiap ruang di museum Negeri Sumatera, memiliki tema dan benda bersejarah tersendiri yang berbeda satu sama lain. Bukan hanya peninggalan sejarah dari berbagai zaman dan agama di Indonesia saja tetapi juga terdapat berbagai koleksi kebudayaan dari suku-suku di Sumatera Utara serta  koleksi mengenai perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Museum Perjuangan TNI

Museum Perjuangan TNI merupakan museum yang terletak di Jalan Zainul Arifin No. 8, Kelurahan Petisah, Kecamatan Petisah, Kota Medan. Museum ini memajang gambaran perjuangan TNI yang pantang menyerah dan tidak takut terhadap segala musuh yang menyerang pada saat proses kemerdekaan berlangsung.

Baca Juga : Menelusuri Masa Lampau Lewat Museum Di Solo

Di museum Perjuangan TNI pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai koleksi perjuangan tentara Indonesia selama masa perebutan kemerdekaan seperti bambu runcing yang digunakan para pejuang kemerdekaan, lukisan-lukisan perjuangan dan senjata-senjata lain yang digunakan para pejuang saat merebut kemerdekaan Indonesia. Ditambah lagi, pengunjung akan disuguhi koleksi foto Kota Medan tempo dulu dan bendera merah putih pertama di Kota Medan.

Museum Situs Kota China

Objek wisata museum di Medan yang tidak kalah menarik lainnya adalah museum situs Kota China. Museum tersebut terletak di Jalan Kota China No. 65, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan.  Museum situs kota China menjadi tempat penyimpanan berbagai jenis benda arkeologi.

Benda-benda arkeologi tersebut merupakan hasil galian dari situs kota China yang terletak di tepi Danau Siombak. Pengunjung akan disajikan berbagai koleksi artefak dan koleksi arkeologi yang memiliki sejarah tinggi seperti koleksi gerabah dan keramik, uang koin zaman dahulu, berbagai jenis arca dewa hingga bebatuan candi dan juga logam emas yang banyak ditemukan pada situs kota China tersebut. Peninggalan-peninggalan tersebut merupakan hasil karya budaya masyarakat kota China yang sebagian besar adalah pedagang pada saat itu.

Museum Deli Serdang

Museum di Medan lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah museum deli serdang. Museum yang terletak di Lubuk Pakam, Kompleks Perkantoran Pemda Deli Serdang.  Museum Deli Serdang  yang menampilkan berbagai macam koleksi pakaian adat Melayu, Simalungan, Karo, Mata uang asing, hingga koleksi peralatan musik yang ada di Sumatera.

Baca Juga : Menikmati Wisata Museum di Banyuwangi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here