Museum Nusa Tenggara Barat

1 min read

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat adalah sebuah museum yang terletak di Mataram, Lombok, Indonesia.

Museum ini merupakan museum negara provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pada ksempatan kali ini kami akan membahas tentang sejarah, koleksi dan beberapa informasi lainnya. Jadi, simak pembahasan ini sampai habis ya!

Sejarah Museum Nusa Tenggara Barat (NTB)

museum nusa tenggara barat ntb

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat dirintis pada tahun 1976/1997.

Pada tahun itu, Nusa Tenggara Barat menerima dana pembangunan dengan nama Proyek Rehabilitasi Musium Nusa Tenggara Barat.

Berdasarkan proyek tersebut, menyiratkan semacam pengakuan bahwa di NTB sudah ada museum yang perlu direhabilitasi dan diperluas.

Sehubungan dengan itu maka dari tahun 1976/1977 sampai dengan 1980/1981 pembangunan prasarana gedung museum dilakukan satu persatu hingga akhirnya didirikan musium tingkat provinsi di NTB yang diberi nama Musium Negeri Nusa Tenggara Barat.

Kelembagaan museum ini didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.022/0/1/1982 tanggal 21 Januari 1982.

Peresmian museum dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 1982 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dr. Daoed Yoesoef.

Sejak diresmikan hingga tahun 2000, Museum Nusa Tenggara Barat telah menjadi UPT (Unit Pelaksana Teknis) Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Susunan organisasi berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.001/0/01991, tanggal 9 Januari 1991 tentang Organisasi dan Tata Kerja Museum Negeri Provinsi.

Sejak diundangkannya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 yang kemudian diubah dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat berada di bawah naungan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan menjadi UPTD (Unit Pelaksana Teknis).

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Selanjutnya dengan terbitnya Peraturan Gubernur Nusa Tenggara Barat Nomor 53 Tahun 2016 tentang Pembentukan, Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Pelayanan di Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis Badan di Dinas Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Musium Negeri Nusa Tenggara Barat menjadi UPTD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Koleksi Museum NTB

Museum ini mengoleksi 7.387 benda (2006) yang berkaitan dengan kesenian tradisional Lombok dan Sumbawa (misalnya keris, songket, keranjang dan topeng) serta benda-benda terkait seperti geologi, arkeologi, arsitektur, biologi, keramik, lukisan, dan lain-lain.

Beberapa koleksi museum adalah kostum pernikahan dari kelompok etnis SasakSamawahMbojo dan, beberapa fosil, koin kolonial dari Portugis, Spanyol, dan Belanda, dan senjata tradisional dari Kesultanan Bima.

Museum ini juga mengumpulkan barang-barang tradisional yang berkaitan dengan mistik seperti pustaka batu, dan barang-barang tradisional untuk menangkal nasib buruk, petir, kelemahan, dan sebagainya.

Per tahun 2014, terdapat 7.444 koleksi dengan 1.361 koleksi di antaranya berupa 416 judul naskah lama berbahan baku daun lontar dan kertas.

Harga Tiket Masuk ke Museum NTB

Bagi kalian yang ingin berwisata edukasi di Museum NTB, kalian bisa memiliki akses dengan membeli tiket masuk yang cukup murah.

Harga tiketnya sekitar Rp2.000 /orang baik tua maupun anak-anak.

Ketahui juga Museum lainnya:

Itu saja untuk pembahasan kita kali ini. Dan mengenai harga tiket, harap dicatat bahwa harga bisa saja sewaktu-waktu berubah sesuai kebijakan.

Tapi akan selalu megupdate artikel jika ada perubahan. Jadi, terus pantengin website moeseum.id agar tidak ketinggalan informasi menarik. Terimakasih.