Museum Nusa Tenggara Timur

1 min read

Museum Daerah Nusa Tenggara Timur adalah museum provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terletak di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Terletak di Jalan Raya Eltari II.

Museum ini didirikan pada tahun 1977.[1] Melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 9 Januari 1991, museum ini ditetapkan sebagai Museum Negara dan menjadi UPT.

Dengan diberlakukannya otonomi daerah, status Museum Negeri berubah menjadi Museum Daerah Nusa Tenggara Timur.

Saat ini museum bertanggung jawab kepada Pemerintah Provinsi NTT dan berada di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT.

Sejarah Pembangunan Museum Nusa Tenggara Timur (NTT)

museum provinsi nusa tenggara timur

Museum ini memiliki luas tanah sekitar 3 ha dan terletak di pusat Kota Kupang.

Museum ini berjarak sekitar 4 km dari Bandara El Tari Kupang atau sekitar 10 menit dengan kendaraan roda empat.

Museum Daerah Provinsi NTT didirikan sebagai “rumah” yang menampung berbagai benda alam dan budaya masyarakat NTT sebagai pusat informasi budaya, sejarah dan peradaban.

Misi museum ini menekankan pada peran menyelamatkan, melestarikan, memanfaatkan benda-benda sejarah alam dan warisan budaya masyarakat NTT untuk memperkuat jati diri, mendorong kreativitas, menumbuhkan toleransi, mendukung pendidikan dan pariwisata serta menampilkan kekayaan budaya daerah NTT ke arena yang lebih luas.

Koleksi Museum NTT

Koleksi Museum NTT Koleksi Museum Daerah NTT memiliki 10 jenis koleksi dengan total 8999 koleksi yang berasal dari suku bangsa yang mendiami 14 kabupaten dan kota di Provinsi NTT.

Koleksi museum diperoleh dari hibah, kompensasi/pembelian, dan bentuk lain dari benda purbakala, biologi, geografi, etnografi, sejarah, numismatik, heraldik, seni rupa, filologi, dan teknologi.

Beberapa koleksi dipamerkan di ruang pameran permanen. Ruang Pameran Tetap Museum Daerah NTT telah mendapatkan dana revitalisasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun anggaran 2014.

Sehingga sistem pameran mengalami perubahan dan didesain sedemikian rupa sehingga diharapkan penataan penataan pameran akan dapat meningkatkan pelayanan kepada pengunjung museum.

Jam Buka dan Harga Tiket Museum NTT

Museum Bikon Blewut di NTT buka setiap pukul 08.00 dan tutup pukul 18.30. Waktu ini sesuai dengan zona waktu lokal yaitu waktu Makassar / Asia.

Harga tiket masuk wisata museum ini bervariasi tergantung hari kunjungan kalian.

Jika kalian berkunjung pada hari libur maka harga tiket masuknya akan jauh lebih mahal dari hari biasa. Harga tiket masuk pada hari-hari biasa adalah Rp 20.000 /orang.

Ada baiknya jika kalian ingin berkunjung ke Museum Bikon Blewut untuk menghubungi call center terlebih dahulu untuk memastikan harga tiket tour pada hari yang kalin maksud.

Ketahui juga Museum lainnya:

Nah, itulah sekilas informasi tentang museu NTT yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan para pembaca sekalian. Terima kasih.