Museum di Banyuwangi

Museum di Banyuwangi– Kabupaten Banyuwangi menjadi salah satu kabupaten yang berada di paling timur Pulau Jawa. Kabupaten ini sangat terkenal akan budayanya dan beberapa tempat wisatanya yang menarik.

Banyuwangi juga mempunyai 2 museum yang sangat terkenal. Ketika Anda datang ke Banyuwangi maka sempatkanlah untuk datang ke museum di Banyuwangi. Kedua museum ini menyimpan berbagai hal yang sangat menarik untuk Anda ketahui. Penasaran dengan kedua museum tersebut? Simaklah ulasan di bawah ini hingga selesai.

Museum menjadi salah satu tempat bersejarah yang sering digunkan untuk menyimpan berbagai koleksi yang bersejarah. Setiap wilayah pasti memiliki museumnya masing – masing.

Kabupaten Banyuwangi juga mempunyai beberapa museum yang sangat menarik untuk Anda kunjungi selama ada di Banyuwangi. Kedua museum ini termasuk dalam tempat wisata yang Instagramable. Belakangan ini ketika berwisata tidak hanya ingin menikmati keindahan dari tempat wisatanya saja melainkan mengabadikannya melalui sebuah foto.

Museum di Banyuwangi ini mempunyai beberapa sudut tempat yang cocok untuk Anda jadikan tempat berfoto. Penasaran dengan kedua museum tersebut? Langsung saja mari simak ulasannya.

Baca juga: Telusur 5 Museum di Surabaya

Museum Sukowidi Banyuwangi

Museum Sukowidi ini menempati sebuah rumah kuno dengan luas mencapai 200 meter persegi. Jika Anda ingin berkunjung ke museum ini mungkin Anda akan merasa kesulitan dalam menemukannya. Pasalnya tidak ada petunjuk khusus untuk menemukan tempat ini sehingga susah – susah gampang untuk ditemukan. Selain itu, bangunan ini juga tidak terlalu mencolok sehingga tidak akan tertebak ketika melewatinya.

Sebelum menjadi museum, bangunan ini adalah rumah kosong. Lalu berganti menjadi cagar budaya yang menyimpan berbagai benda bersejarah seperti arsip, foto, dan lukisan yang menandai sejarah Banyuwangi. Walaupun rumah ini dibangun menjadi sebuah museum, namun belum memenuhi standar museum dan hingga sekarang masih tetap dipertahankan. Pihak museum ini sangat berharap museum ini tetap bediri sehingga banyak generasi selanjutnya yang mengetahui berbagai hal di masa lalu dan tidak ditinggalkan begitu saja.

Museum Blambangan Banyuwangi

Museum yang ada di Banyuwangi ini menjadi museum umum. Pasalnya di dalam museum ini terdapat berbagai koleksi benda yang sangat menarik dn bahkan banyak lebih dari satu. Museum ini diberi nama museum Blambangan karena Blambangan sendiri merupakan sebuah kerajaan yang sangat terkenal pada masa kerajaan Majapahit. Bangunan ini dibuat menjadi museum dan mampu menarik perhatian orang untuk datang berkunjung.

Baca juga : 6 Museum di Semarang Hits dan Instagramable

Museum ini memang terbilang kurang terawat namun hingga kini tetap dijaga sehingga masih menjadi museum yang menarik untuk dikunjugi. Museum ini menyimpan benda – benda peninggalan masa lalu seperti; mesin ketik, telepon kuno, keris, tombak & senjata, uang gobok dan Batik Banyuwangi. Itulah yang membuat museum ini tetap berdiri hingga sekarang dan tetap dijaga dengan baik.

Walaupun perawatannya kurang baik, namun museum ini sering dikunjungi oleh para wisatawan. Banyak yang datang untuk mengabadikan setiap moment foto di museum ini. Ada beberapa sudut lokasi yang menarik untuk dijadikan tempat berfoto. Nantinya foto tersebut bisa Anda pajang di FB maupun di Instagram Anda.

Itulah dua museum di Banyuwangi yang sangat Instagramable untuk Anda kunjungi. Kedua museum ini mempunyai koleksi peninggalan bersejarahnya masing – masing yang menarik untuk dikunjungi. Anda bisa mengajak teman, saudara, dan keluarga Anda untuk mengunjungi museum ini. Tidak hanya sekedar belajar menambah wawasan mengenai isi dari museum tersebut namun Anda bisa mengabadikan setiap sudut bangunan museum yang menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here